Belajar Ilmu Psikology, Bekal Untuk Menjalin Hubungan Baik - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 30 May 2015

Belajar Ilmu Psikology, Bekal Untuk Menjalin Hubungan Baik

Berbicara tentang psikologi tidak akan ada habisnya. Karena, manusia dan segala jenis kepribadiannya selalu mempunyai masalah-masalah berbeda setiap zamannya. Jadi, kita yang benar-benar ingin mendalami ilmu ini harus banyak belajar praktek dalam interaksi social. Bukan semata-mata terpaku pada teori-teori didalam buku saja.

Di luar sana, ada banyak sekali fenomena social yang membutuhkan ahli-ahli psikologi untuk menangani masalah tersebut. Untuk kita yang masih pelajar, tak ada salahnya menjadikan fenomena sosial tersebut sebagai bahan penelitian. Disamping itu, kita bisa belajar banyak bukan?



Siapa yang ingin diterima dalam masyarakat, dia harus pandai menjalin hubungan baik. bagaimana caranya menjalin hubungan baik? pelajarilah ilmu komunikasi dan ilmu psikologi!

Sudah jelas bahwa ilmu komunikasi mengajarkan banyak hal tentang segala teknis menjalin komunikasi secara verbal maupun non verbal. Untuk menjalin hubungan baik, itu saja tidak cukup, kita juga perlu tahu hati seseorang melalui ilmu psikologi.

Ilmu tentang sikologi itu abstrak. Kita membutuhkan kepekaan jiwa untuk menembus ke-abstrak-an tersebut. Seorang Sikolog harus mampu menyelami samudera jiwa seseorang. Dengan demikian, seorang sikolog bisa tahu apa yang terjadi pada seseorang. Ada apa dibalik orang yang sifatnya 'begini' dan 'begitu', sehingga tidak langsung menyalahkan perilaku seseorang dan menghakimi secara tidak adil. Bukankah itu bijaksana?

Menurut aku, memahami psikologi harusnya dimulai dari memahami diri sendiri. Bagaimana kita bersikap selama ini dalam menyelesaikan masalah kita? Dari pertanyaan ini saja tentu kita mendapat banyak gambaran tentang kejiwaan kita. Apakah kita labil? Keras kepala? Atau bijaksana? Kita bisa menilainya sendiri.

Kita juga harus mengenal karakter diri manusia. Ada 4 karakter manusia dalam ilmu psikologi. Yaitu ; sanguin, koleris, melankolis, dan plegmatis. Termasuk kedalam kategori yang manakah kita sebenarnya? Jawablah, dan cari tahu juga bagaimana karakter orang-orang disekitar kita. 

1 comment:

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman