Resensi Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 26 July 2017

Resensi Drama Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo

Drama ini berlatar kerajaan Goryeo (918-1392), kerajaan yang di dirikan oleh Wang Geon. Berkisah tentang perebutan tahta antara para pangeran dan puteri, dan perselisihan isteri-isteri raja.

Selain berlatar sejarah, drama ini juga bernuansa fantasi. Karena menceritakan dua sosok yang datang dari alam lain. Kedua orang itu adalah manusia moderen dari abad 21, jiwa mereka masuk kedalam raga orang lain di zaman Goryeo.  Yaitu Go Ha Jin yang masuk kedalam raga Hae Soo, adik sepupu isteri pangeran Wang Wook, dan Ajussi pengemis yang masuk ke dalam raga ahli perbintangan kerajaan bernama Choi Ji Mong . 

Kedua orang ini mempunyai andil yang sangat besar dalam alur cerita serial drama ini. Karena mereka orang-orang dari abad moderen yang telah membaca sejarah. Mereka telah mengetahui nasib kerajaan berikutnya ketika kepemimpinan Taejo berakhir.

Dalam sejarah, sebenarnya Wang Geon memiliki 29 istri, versi lain mengatakan 27 istri, dalam serial ini hanya menonjolkan dua istri saja. Sedangkan untuk anak-anaknya sebenarnya ada 25 putra dan 7 putri. Namun, dalam serial ini hanya diceritakan 8 pangeran saja, dan satu putri.
Nama-nama pangeran
Pangeran ke-1, Wang Mo (Ibunda : Permaisuri Janghwa)
Pangeran ke-3, Wang Yo (Ibunda : Permaisuri Sinmyeongsunseong)
Pangeran ke-4, Wang So (Ibunda : Permaisuri Sinmyeongsunseong)
Pangeran ke-14, Wang Jung (Ibunda : Permaisuri Sinmyeongsunseong)
Pangeran ke-8, Wang Wook (Ibunda : Permaisuri Jeongdeok)
Pangeran ke-9, Wang Won
Pangeran ke-10, Wang Eun
Pangeran ke-13, Wang Baek-ah
Puteri Hwangbo Yeon Hwa (Ibunda : Permaisuri Jeongdeok)

Karakter para pangeran
Ke delapan pangeran tampan ini mempunyai karakter berbeda. Mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pangeran pertama, Wang Mo, dinobatkan sebagai putera mahkota dan ahli berperang. Sehingga tak satu pun peperangan tanpa pangeran Wang Mo. Namun kekurangannya adalah, ia memiliki suatu penyakit yang tak tersembuhkan.

Pangeran ke- 3 Wang Yo, adalah saudara kandung tertua dari tiga Wang bersaudara. Alias kakak dari pangeran ke -4 Wang So, dan pangeran ke-14 Wang Jung. Wang Yo adalah putera kesayangan ratu Yo. Yang di rencanakan akan menjadi pengganti putera mahkota dan menduduki tahta kerajaan di masa depan. Namun kekurangannya adalah pada perangainya yang buruk dan kasar.

Pangeran ke-4 Wang So, adalah pangeran yang dibesarkan di luar kerajaan karena memiiki bekas luka di wajahnya, sehingga ia menutupinya dengan topeng. Ratu Yo tidak menyukai pangeran ke-4 meskipun Wang So adalah anak kandungnya sendiri. 

Wang So jauh dari kasih sayang ibunya sejak kecil, sehingga ia tumbuh menjadi lelaki berperangai dingin dan liar. Ia dijuluki serigala karena pernah di buang ke hutan yang penuh dengan serigala, namun ia membunuh semua serigala disana dan keluar dalam keadaan hidup. 

Dalam serial ini, Wang So adalah pemeran utama. Kelak ia menduduki tahta kerajaan dengan banyak menumpahkan darah. Bahkan membunuh saudara-saudaranya sendiri.

Pangeran ke-14 Wang Jung, pangeran paling bungsu di antara ke delapan pangeran lain. Ia berperangai lucu, karena itu ia cocok sekali menjadi teman berantem pangeran ke 10, Wang Eun.  Wang Jung adalah satu-satunya saudara kandung Wang So yang berpihak pepadanya di masa depan. Namun ibundanya tidak menyukai itu.

Pangern ke-8, Wang Wook. Adalah suami dari kakak sepupu Hae Soo. Dia pangeran yang paling bijak dan paling cerdas di songak. Keperibadiannya mengagumkan. Namun pada akhirnya ia berubah menjadi jahat karena di hasut oleh adik perempuanya, puteri Yeon Hwa. Terlebih karena ia jatuh cinta kepada Hae Soo. Sedangkan Hae Soo selalu di dekat pangeran Wang So karena beberapa alasan.

Pangeran ke-9, Wang Won. Dia memiliki kecenderungan untuk mencari aman. Tidak jelas menonjolkan kebenciannya kepada pangeran Wang So dan tidak juga terlihat menyukainya. Hanya saja pada akhirnya ia dianggap sebagai penghianat. Karena banyak melakukan tindakan kejahatan secara diam-diam.

Pangeran ke-10, Wang Eun. Bukan paling bungsu, tetapi dia paling imut diantara semua pangeran. Dia juga paling lucu dan paling kekanak-kanakan. Tidak pernah sekali pun dia serius dalam latihan bela diri atau ritual-ritual lain yang di lakukan para pangeran. Namun dialah satu-satunya sumber kehangatan diantara Wang bersaudara. Dia pernah membuat pangeran Wang So tertawa, yang selama ini terkenal dingin dan tek bersahabat.

Pangeran ke-13 Wang Baek Ah. Adalah pangeran yang di juluki paling tampan di antara semua pangeran. Dia juga punya selera seni yang tinggi. Penampilannya selalu rapi. Dia sering menyelinap di antara warga desa dan menyamar sebagai bangsawan biasa, agar ia bisa menemukan objek lukisan yang bagus. Sayangnya, ia punya kisah cinta yang memilukan. Ia jatuh cinta kepada nyonya Myung Hae, wanita yang mencintai pangeran Wang Wook . Cintanya kandas setelah Myung Hae menikahi Wang Wook. Namun mereka tetap berteman baik.

Go Ha Jin alias Hae Soo
Hae Soo yang sebenarnya adalah gadis yang pemalu dan santun. Namun semenjak tragedi terjatuh di pemandian songak. Ia berubah menjadi sosok yang berbeda. Ternyata jiwa didalam tubuh itu penyebabnya. Hae Soo bukanlah Hae Soo yang dulu. Dia adalah Go Ha Jin yang hidup di tahun 2016. 

Gadis moderen yang berkerja sebagai penjual kosmetik. Ia tenggelam di sebuah danau pada saat menyelamatkan anak kecil yang tenggelam. Di dalam air, ia melihat langit menjadi gelap. Ternyata itu gerhana mata hari. kemudian jiwanya tertarik ke zaman Goryeo dan masuk ke dalam tubuh Hae Soo yang tenggelam di kolam pemandian pangeran di Songak.

Kisah cinta
Kepribadian Hae Soo dianggap tabu oleh semua orang di songak. Dia tidak memiliki sopan santun layaknya gadis bangsawan zaman kerajaan. Dia selalu terlihat moderen. Dari cara berpikirnya, cara bicaranya, dan caranya bergaul dengan semua orang.  

Hal itu membuat pangeran wang wook menaruh hati padanya. Sementara isteri pangeran wang wook yang sakit-sakitan mengetahui hal itu. Ia berharap kelak suaminya akan berjodoh dengan sepupunya tersebut jika ia sudah meninggal.

Bukan Cuma Wang Wook, berikutnya yang tertarik kepada Hae Soo adalah pangeran Wang Eun. Karena ia ditakdirkan berjumpa Hae Soo beberapa kali. Bahkan mereka berkelahi layaknya laki-laki dan perempuan di zaman moderen. Saling jambak dan saling pukul. Di era kerajaan, perempuan bangsawan mana yang berani memukul wajah pangeran? Hae Soo lah orangnya! Membuat raja pun marah sekaligus terheran-heran.

Kemudian persahabatan Hae Soo terjalin dengan pangeran Wang Jung. Ketika Wang Jung di kepung sekelompok pereman pasar. Hae Soo dengan keberaniannya menerobos kerumunan pereman dengan membabi buta. Dia nekad menyelamatkan Wang Jung, sementara ia sendiri tidak yakin akan selamat. Sejak tragedi itu, Wang Jung jatuh hati pada Hae Soo.

Terakhir pangeran Wang So. Laki-laki yang paling di musuhi Hae Soo karena selalu mengancam akan membunuhnya. Anehnya, Wang So selalu datang sebagai penolong ketika Hae Soo dalam masalah besar. Tanpa di sadari, ia telah mencintai Hae Soo sejak pertama kali bertemu. 

Hae Soo sosok yang berbeda di matanya. Dia gadis yang berani menatap bola matanya dengan lantang tanpa takut. Dan dia gadis yang sering terang-terangan membantahnya jika ia bersalah.

Hati Hae Soo akhirnya berlabuh kepada pangeran Wang So. Namun Wang So yang bertahta sebagai raja harus menikahi puteri Yeon Hwa demi kerajaan. 

Sementara Hae Soo setuju untuk menikah dengan pangeran Wang Jung. Dan hidup terasing dari hiruk pikuk kerajaan. Namun cinta Hae Soo kepada Wang Soo tak berubah. Begitupun sebaliknya. Hingga akhir hayatnya. Hae Soo mencintai satu lelaki yang tak dapat dimilikinya.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Bagaimana Kita Mengelola Kemarahan Agar Menjadi Marah yang Elegant?

Halimahdaily.com - Saat kita sedang marah, tanpa berkata-kata pun, akan terlihat dari body langage kita. Sebab, automatic neuro system ...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman