Kenapa Kontra Opini Diperlukan Dalam Opini Publik? - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 5 November 2017

Kenapa Kontra Opini Diperlukan Dalam Opini Publik?



Akhir-akhir ini kita telah mendengar istilah pro dan kontra. Terkait opini publik juga demikian. Mengapa kontra opini diperlukan?

Untuk sekedar teman-teman ketahui, bahwa kita butuh banyak referensi agar pikiran kita terbuka. Nah, untuk membuat pikiran kita terbuka, kita perlu banyak masukan. Salah satu masukan yang diperlukan adalah kontra opini dari suatu isu.


Berikut  adalah beberpa poin mengenai pentingnya kontra opini :

1. Supaya tidak termakan isu

Ketika kita hanya termakan satu isu tanpa menerima informasi lain sebagai perbandingan, maka pengetahuannya akan sebatas itu-itu saja.

2. Untuk mencari kebenaran

Semakin banyaknya kejahatan media massa dalam merekayasa sebuah isu, kemungkinan besar kita akan tertipu dengan sebuah pemberitaan. Maka perlu ada perbandingan dengan mengkaji kontra opini. Sehingga orang akan menemukan fakta yang sesungguhnya.

3. Untuk menguatkan opini

Dalam pro dan kontra opini publik. Pasti ada opini yg kuat dan opini yang lemah. Semakin banyak yang pro terhadap suatu isu, maka kontra opini menjadi lemah dan menghilang.

4. Memunculkan pengetahuan-pengetahuan baru

Seperti kita ketahui tiga poin diatas sangat menunjang pengetahuan baru bagi kita. Setelah banyaknya opini-opini lain yang kita dengarkan. Maka kita menjadi banyak referensi tentang satu isu. Maka pandangan kita pun menjadi jelas.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman