Gak Nge-Share Tulisan, Tapi View Blog Terus Naik. Apa Rahasianya? - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 21 July 2018

Gak Nge-Share Tulisan, Tapi View Blog Terus Naik. Apa Rahasianya?





Punya blog yang masih sepi pengunjung memang butuh perjuangan keras untuk menaikkan views. Berdasarkan pengalaman ku, membuat orang membaca artikel di blog lelahnya bukan main.

Jempol sampe pegel membagikan link blog ke beberapa medsos dan group yang aku punya. Hasilnya juga tidak terlalu memuaskan. Sebab, hanya satu artikel saja yang naik views nya, sementara artikel lainnya tetap segitu-segitu aja.

Akhirnya, aku berpikir untuk mencari jalan keluar. aku tidak ingin kerja keras dengan hasil yang sedikit. Minimal kerja keras ku harus terbayar dengan hasil yang banyak. 

Atau lebih bagus lagi tidak perlu melakukan apapun, tetapi pengunjung blog terus naik. Itulah yang aku pikirkan.

Sekian tahun sampai dengan kemarin, blog aku masih sangat sepi pengunjung. Kalo aku mau sedikit kerja keras untuk membagikan artikel, maka datanglah pengunjung. Tapi saat aku malas, blog akan sepi.

Kemarin, tanpa membagikan artikel tiba-tiba views meningkat. Setiap artikel yang baru di-post langsung ada yang melihat. 

Aku merasa heran, karena memang belum sempat share kemanapun. Kenapa views naik terus seiring berjalannya waktu?

Jujur, artikel di blog aku belum pernah sampai 100 views dalam sehari apalagi tanpa share. Tapi kemarin, belum satu jam setelah posting, views-nya udah 100-an. Ini aneh!

Ironisnya, kalo blog sepi pengunjung aku merasa wajar-wajar saja karena aku masih newbie. Giliran blog tiba-tiba rame pengunjung aku malahan dihujani tanda Tanya. "Ini kenapa ya?" "Kok bisa ya?" "Apa yang terjadi?"

Jadi panik sendiri.

Setelah aku bertanya-tanya sendirian. Akhirnya aku ingat. Aku melakukan sesuatu dengan iseng kemarin lalu, tidak terpikir ke-isengan itu akan membuahkan hasil yang keren seperti ini.

Penasaran apa yang aku lakukan?

Kemarin lusa, aku mencoba aplikasi IFTTT di internet. Udah semingguan aku pakai aplikasi ini untuk membuat blog auto posting di blog aku yang lain. Cuma buat iseng-iseng aja.

Tiba-tiba aku menambahkan applet baru khusus untuk blogger. Applet ini berfungsi untuk posting dari satu medsos ke beberapa medsos secara otomatis. Beberapa medsos bisa saling berkerjasama dengan sekali kerja.

Aku iseng menghubungkan Blogger ke Tweeter, Facebook, Pinterest, dan beberapa medsos yang aku punya. 


Dengan rumus applet, "jika blogger memposting artikel baru, maka terhubung ke (semua akun medsos tadi)".

Kemarin pas bikin applet ini aku senyum-senyum sendiri. Membayangkan akun medsosku yang akan dijejali postingan blogger setiap hari secara otomatis. Gak kepikiran bahwa akan berkerja sebagus ini dalam menaikkan viewers. Namanya juga iseng.

IFTT sendiri adalah singkatan "If This Than That". Terjemahan bebasnya “Jika ini, maka itu”. 

Nah, makanya satu app bisa terhubung ke beberapa app sekaligus. Karena rumusnya jika satu akun memposting, Maka, semua akun yang dihubungkan otomatis juga ikut memposting.

IFTTT is the free way to get all your apps and devices talking to each other. Not everything on the internet plays nice, so we're on a mission to build a more connected world.

Lihat, mereka mengklaim IFTTT adalah karya yang cemerlang!

Semenjak aku menghubungkan blog ini ke tweeter, ke FB, pinterest, dan beberapa akun lainnya. Views tiap artikel terus naik tanpa share.

Aku belum tau apa kekurangan app ini. Tapi, tadi pagi aku menemukan masalah di blog aku. Recent post tidak tampil sebagaimana biasanya. 

Beberapa widget juga tidak berkerja dengan baik. Mungkin itu resikonya menggunakan kekuatan robot. Hehe.

Catatan : Gunakan app ini dengan bijak, jika hanya untuk bersenang-senang pakailah pada blog ujicoba. Jangan seperti saya, menggunakannya di blog yang sudah dibangun bertahun-tahun. 

Nanti kalau ada apa-apa, wah saya tidak tahu harus bagaimana. 
:D


TOP 5 Artikel yang wajib kamu baca !

Hei Blogger Pemula, Kamu Sudah Punya Goals?!

Bagaimana Caranya Supaya Blog Mantan Banned Bisa Tetap Didaftarkan Ke Google Adsense?

Bisakah Satu Akun Adsense Dipasang Pada Beberapa Blog Yang Berbeda?

Jika Tidak Sibuk, Orang Akan Rela Berjam-Jam Membaca Blog Anda, Ini Rahasianya!

Mengetahui Template Blog Sudah Mobile Friendly Atau Tidak, Hanya Hitungan Detik!

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Pernahkah kamu merasa jengkel sendiri karena orang yang kamu ajak bicara tidak nyambung? Atau sebaliknya, kamu yang m...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman