Konflik Dalam Pengertian Negatif, Positif Dan Netral - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 11 July 2018

Konflik Dalam Pengertian Negatif, Positif Dan Netral

Konflik seringkali diartikan negative. Begitu mendengar kata konflik, kita dengan serta-merta merasakan sensasi takut, seram, ngeri dan sebagainya.



Konflik seringkali diartikan negative. Begitu mendengar kata konflik, kita dengan serta-merta merasakan sensasi takut, seram, ngeri dan sebagainya.

Padahal, dalam pengertiannya, konflik bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang bagus, bahkan terkadang konflik sangat dibutuhkan.

Apa itu konflik?


Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.[1]

Sedangkan dalam buku lain, dijelaskan bahwa konflik mengandung banyak pengertian.

DR. Kartini Kartono (2002 : 213) kata konflik mengandung banyak pengertian. Ada pengertian yang negatif, yang netral, dan yang positif.

Namun, dalam pengertian yang negatif, konflik dikaitkan dengan : sifat-sifat animalistik, kebuasan, kekerasan, bar-barisme, deskruksi/pengrusakan, penghancuran, irrasional, tanpa kontrol emosional, huru-hara, pemogokan, perang dan seterusnya.

Sementara itu, konflik juga dibutuhkan untuk berbagai macam kepentingan. Dalam pengertian positif, konflik dihubungkan dengan : peristiwa petualangan, hal-hal baru, inovasi, pembersihan, pemurnian, pembaharuan, penerangan batin, kreasi, pertumbuhan, perkembangan, rasionalits yang dialektis, mawas-diri dan sebagainya.

Yang terakhir, konflik juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang netral. Tidak negative dan tidak juga positif. Dalam pengertian netral, konflik diartikan sebagai: akibat biasa dari keaneka-ragaman individu manusia dengan sifat-sifat yang berbeda, dan tujuan hidup yang tidak sama pula.

[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Konflik

Banyak yang baca :

Thousand Years - Christina Perri Lirik Dan Terjemahan A Thousand Years - Christina Perri

Lirik DanTerjemahan Lagu Khalid - Young Dumb & Broke

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Pernahkah kamu merasa jengkel sendiri karena orang yang kamu ajak bicara tidak nyambung? Atau sebaliknya, kamu yang m...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman