Sehat dan Enak, Inilah Pasangan Serasi Buah Kurma ! - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 7 July 2018

Sehat dan Enak, Inilah Pasangan Serasi Buah Kurma !

Halimah Daily—Memakan buah memang sehat. Membuat kita awet muda, kulit berseri, pencernaan lancar, dan banyak lagi khasiat lainnya.     Ngomong-ngomong soal buah. Pernahkah kamu mendengar buah-buahan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan makanan lain?



Halimah Daily—Menurut literasi Islam, buah kurma termasuk buah-buahan yang dimuliakan, selain buah Tin dan buah Zaitun. Dibalik rasanya yang manis, buah kurma menyimpan sejuta khasiat yang diperlukan oleh tubuh kita.

Memakan buah memang sehat. Membuat kita awet muda, kulit berseri, pencernaan lancar, dan banyak lagi khasiat lainnya.

Ngomong-ngomong soal buah. Pernahkah kamu mendengar buah-buahan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan makanan lain?

Misalnnya buah semangka dan susu tidak boleh dimakan bersamaan. Konon katanya kita bisa mabuk atau pusing.  

Ada lagi nih, katanya pisang tidak boleh dimakan dengan madu. Efeknya bahaya. Kita bisa keracunan. Wah, mengarikan!

Jadi takut makan buah campur-campur? Eh, tahan dulu. Ternyata buah dicampur buah yang lain terkadang malah bisa memberi khasiat berlipat-lipat ganda. Penasaran?

Bagaimana kalau kita memakan buah kurma dengan makanan lain? Apakah sehat?


Mari kita lihat, apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sang teladan ummat Islam ini senang sekali memakan buah kurma dikombinasikan dengan makanan lain. Yuks kita lihat satu per satu!

Pertama, Kurma Dimakan Dengan Keju


Kurma dan keju adalah salah satu makanan yang pernah dimakan oleh rasulullah. BDW, kalo rasulullah pernah memakan kurma dengan keju, pasti ada sesuatu nih!

Seperti yang kita ketahui, Rasulullah adalah orang yang paling baik dalam mem-balance makanan. Padahal saat itu belum ada penelitian sains tentang kebaikan dari kombinasi memakan buah kurma dan keju. 

Berkat mukjizat kenabiannya, Rasulullah sudah mengetahui kebaikan kombinasi buah kurma dan keju, tanpa penelitian ilmiah sekalipun! Subhanallah!

Ternyata, eh ternyata :

Keju dengan kandungan lemak dan protein yang tinggi dapat menambah kekurangan kandungan lemak dalam buah kurma. Sehingga kedua makanan ini sangat serasi untuk dikonsumsi bersamaan.

Kedua, kurma Dengan Mentimun


Dalam sebuah hadis, Rasulullah juga pernah mengkonsumsi buah kurma dengan Mentimun. Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim, dari Abdullah bin Ja’far Radhiyallahu ‘anhuma :

“Aku melihat Rasulullah SAW memakan buah mentimun dengan ruthab (kurma basah)”

Berdasarkan penelitian ilmiah, kombinasi kurma dan mentimun ternyata sangat baik. Kandungan panas pada ruthab (kurma basah) dapat menyeimbangkan rasa dingin dan basah yang terdapat dalam buah mentimun.

Kandungan mentimun agak sulit dicerna oleh lambung dan terkadang berbahaya bagi lambung. Sementara kandungan panas pada kurma basah atau ruthab dapat menjadi penetral timun yang dingin dan basah. Dengan demikian, kurma dan mentimun adalah pasangan yang serasi!

Terakhir, kurma Dengan Semangka


Hampir sama dengan mentimun, semangka juga memiliki kandungan basah dan dingin dilambung. 

Apa jadinya ya, kalo kurma dan semangka dijuice jadi satu? Lagi ngebayangin bentuknya kayak apa. 

Demikianlah perpaduan memakan buah kurma versi Nabi Muhammad SAW. Selain enak, ternyata perpaduan tersebut menjadi balance yang sangat baik bagi tubuh. Selamat mencoba, semoga ketagihan, hehe.

Banyak Yang baca :



No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Pernahkah kamu merasa jengkel sendiri karena orang yang kamu ajak bicara tidak nyambung? Atau sebaliknya, kamu yang m...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman