Tips Menghadapai Krisis Perusahaan - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 19 July 2018

Tips Menghadapai Krisis Perusahaan



Tugas final komunikasi bisnis  Jika kamu seorang pekerja humas, apa yang kamu lakukan saat perusahaanmu sedang krisis?  Soal final matakuliah komunikasi bisnis ini mengingatkan aku pada mata kuliah lain. Kok bisa ya, komunikassi bisnis bertanya soal humas? Padahal tentang humas kan udah dikupas sepenuhnya di matakuliah public relation.   Ah, terserah dosen deh mau bikin soal gimana. Yang penting aku bisa menjawabnya. Itu saja!  Yaudah deh, langsung aja kita jawab :  Untuk menangani masalah krisis perusahaan . seorang pekerja humas harus melakukan berbagai upaya agar perusahaannya tidak kolaps.   Beberapa upaya yang harus dilakukan adalah :  Pertama, memahami benar krisisnya. Seorang humas harus melakukan penelitian untuk melihat akar masalahnya. Sehingga akan ditemukan solusi dari masalah tersebut.  Kedua, segera membentuk tim krisis. Tim ini tentu harus berisi orang-orang yang kompeten dibidang kehumasan.   Ketiga, menunjuk juru bicara untuk menyampaikan kepada public internal maupun eksternal terkait hal-hal yang perlu diberitahukan.  Keempat, melakukan evalusi sesering mungkin untuk mencegah tim lengah dari posisi siaga. Karena, evalusi bisa membangkitkan kesungguhan tim dalam melaksanakan tugasnya.  Memberikan edukasi kepada pihak internal terkait yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Hal ini sangat penting, mengingat perusahaan sedang dalam krisis.   Kelima, memantau pemberitaan media terkait isu perusahaan tersebut. Supaya tim humas perusahaan dapat mengetehui opini public yang tersebar diluar sana.  Sekian saja artikel mengenai tips mengatasi krisis perusahaan. Artikel ini dibuat dengan bahasa sendiri, karena memang tugas final matakuliah ini dilarang copas dari internet.  Note : artikel ini adalah salinan dari lembar jawaban final milik saya pribadi. Jadi kalian gak usah khawatir kalo mau nyontek, boleh kok. Udah dapat izin dari saya. Wkwkwk.   Untuk poin-poin jawabannya mungkin kurang lengkap. Silahkan cari sumber lain yang lebih lengkap. Saya hanya membuat jawaban yang sedikit singkat karena saya malas menulis dengan tangan. Hehe.


Tugas final komunikasi bisnis


Jika kamu seorang pekerja humas, apa yang kamu lakukan saat perusahaanmu sedang krisis?

Soal final matakuliah komunikasi bisnis ini mengingatkan aku pada mata kuliah lain. Kok bisa ya, komunikassi bisnis bertanya soal humas? Padahal tentang humas kan udah dikupas sepenuhnya di matakuliah public relation.

Ah, terserah dosen deh mau bikin soal gimana. Yang penting aku bisa menjawabnya. Itu saja!

Yaudah deh, langsung aja kita jawab :

Untuk menangani masalah krisis perusahaan . Seorang pekerja humas harus melakukan berbagai upaya agar perusahaannya tidak kolaps.

Beberapa upaya yang harus dilakukan adalah :

1. Pertama, memahami benar krisisnya. 


Seorang humas harus melakukan penelitian untuk melihat akar masalahnya. Sehingga akan ditemukan solusi dari masalah tersebut.

2. Kedua, segera membentuk tim krisis. 


Tim ini tentu harus berisi orang-orang yang kompeten dibidang kehumasan. Nantinya tim ini akan melakukan peninjauan terhadap hal-hal yang menyebabkan krisis didalam perusahaan tersebut, lalu mengevaluasi ulang semua kinerja internal perusahaan.

3. Ketiga, menunjuk juru bicara.


untuk menyampaikan kepada public internal maupun eksternal terkait hal-hal yang perlu diberitahukan.

4. Keempat, melakukan evalusi sesering mungkin 


Hal ini dilakukan untuk mencegah tim lengah dari posisi siaga. Karena, evalusi bisa membangkitkan kesungguhan tim dalam melaksanakan tugasnya.

Memberikan edukasi kepada pihak internal terkait yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Hal ini sangat penting, mengingat perusahaan sedang dalam krisis.

5. Kelima, memantau pemberitaan media terkait isu perusahaan tersebut. 


pemberitaan media juda perlu dipantau supaya tim humas perusahaan dapat mengetehui opini public yang tersebar diluar sana.

Sekian saja artikel mengenai tips mengatasi krisis perusahaan. Artikel ini dibuat dengan bahasa sendiri, karena memang tugas final matakuliah ini dilarang copas dari internet.

Note : artikel ini adalah salinan dari lembar jawaban final punya aku pribadi. Jadi kalian gak usah khawatir kalo mau nyontek, boleh kok. Udah dapat izin dari aku. Wkwkwk.

Untuk poin-poin jawabannya mungkin kurang lengkap. Silahkan cari sumber lain yang lebih lengkap. Saya hanya membuat jawaban yang sedikit singkat karena saya malas menulis dengan tangan. Hehe.



TOP 5 Artikel komunikasi peniaran yang wajib kamu baca !

Kenapa Kontra Opini Diperlukan Dalam Opini Publik?

Pahami Gejala Curtural Shock, Biar Kamu Gak Kaget Dengan Lingkungan Baru!

Konflik Dalam Pengertian Negatif, Positif Dan Netral

Inilah Konsep Waktu Polikronik dan Monokronik, Mana Yang Biasa Kamu Pakai?

Bagaimana Agar Tidak Grogi Dihadapan Audiens?



No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman