Unsur-unsur Dalam Komunikasi - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 20 September 2018

Unsur-unsur Dalam Komunikasi

Manusia butuh berkomunikasi. Tanpa berkomunikasi, manusia akan mengalami banyak kesulitan. Sebab itulah manusia dikatakan sebagai makhluk sosial.

Halimahdaily.com - Manusia butuh berkomunikasi. Tanpa berkomunikasi, manusia akan mengalami banyak kesulitan. Sebab itulah manusia dikatakan sebagai makhluk sosial.


Seperti yang kita ketahui, komunikasi adalah media yang menjembatani antara satu individu dengan individu lainnya dalam proses pertukaran pesan dan simbol-simbol untuk mencapai suatu pengetian yang sama.


Katakanlah kita sedang membicarakan komunikasi inter personal. Bagaimana kita bisa mengetahui apa yang seseorang inginkan, tanpa kita tanyakan kepadanya?


Sebaliknya, bagaimana kita bisa memberitahu apa yang kita butuhkan, tanpa kita berbicara dengan orang itu? Disinilah pentingnya komunikasi.


Seseorang pernah mengatakan kepada saya :


Katakan apa yang kamu rasakan. Karena, tak akan ada yang tahu jika kamu hanya memendamnya.


Ya, kita jangan pernah berharap orang mengeri diri kita. Kitalah yang seharusnya berusaha menyampaikan keinginan kita agar mereka bisa mengerti.


Lalu, apa aja sih unsur-unsur dalam komunikasi itu?


Dalam proses komunikasi, ada beberapa unsur penting. Yaitu ;


(a) komunikator

(b) penyandian (encoding)
(c) pesan (message)
(d) perantara (medium)
(e) penguraian sandi penerima (dekoding)
(f) umpan balik, dan
(g) gangguan (noise).

Unsur-unsur inilah yang menentukan sebuah proses komunikasi berjalan dengan efektif atau tidak.


Misalnya, seseorang (komunikator) sedang berbicara dengan orang asing (komunikan) yang belum pernah dia kenal sebelumnya. Ternyata, orang itu tak memahami bahasa yang gunakan si komunikator (noise).


Padahal, si komunikator telah melafalkan dengan jelas pesan-pesan yang ingin dia sampaikan (enkoding).


Tapi, tetap saja pesan itu tidak bisa di terjemahkan secara baik oleh komunikan (dekoding). Karena si komunikan benar-benar tak paham dengan bahasa yang digunakan komunikator. Akhirnya, percakapan diakhiri karena keduanya tidak nyambung.


Apakah komunikasi mereka ini efektif? Tentu tidak. Mereka telah gagal dalam berkomunikasi yang efektif.


No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Pernahkah kamu merasa jengkel sendiri karena orang yang kamu ajak bicara tidak nyambung? Atau sebaliknya, kamu yang m...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman