Hambatan Dalam Berkomunikasi - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 15 November 2018

Hambatan Dalam Berkomunikasi


Halimahdaily.com - Pernahkah kamu merasa jengkel sendiri karena orang yang kamu ajak bicara tidak nyambung? Atau sebaliknya, kamu yang membuat orang lain jengkel sebab kamu tulalit. Pasti pernah dong. Ya, kan?

Itulah yang disebut dengan 'hambatan dalam berkomunikasi'.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat ini dikenal dengan istilah barrier noises atau bottle neck communication.

Hambatan-hambatan komunikas lainnya ialah (l) komunikator menggunakan bahasa yang sukar dipahami, (2)perbedaan persepsi akibat latar belakang yang berbcda, (3) terjemahan yang salah (4) kegaduhan. (5) Reaksi emosional seperti terlalu bertahan (depensif) atau terlalu menyerang (agresif), (6) gangguan fisik (gagap, tuli, buta),(7) Semantik, yaitu pesan bermakna ganda, (8) belum berbudaya baca dan tulis Serra budaya diam, (9) kecurigaan. (10) teknik bertanya yang buruk, (11 teknik menjawab yang buruk, (12) tidak jujur, (13) tertutup, (14) destruktif (l5) kurang dewasa, (l6) kurang respek, (l7) kurang menguasai materi, (18) kurang persiapan dan (19) kebiasaan menjadi pembicara dan pendengar yang buruk. (dikutip dari buku,  maaf udah lupa judulnya.  Hehe)

Ternyata, ada banyak sekali faktor yang membuat proses komunikasi kita tidak nyambung.

Permasalahannya bisa jadi ada pada diri kita sendiri, atau mungkin saja ada pada lawan bicara kita.

Kalo terus-terusan gak nyambung sama doi, kayaknya kamu mesti kasih link tulisan ini deh, biar dia baca.  Hehe.


No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Pernahkah kamu merasa jengkel sendiri karena orang yang kamu ajak bicara tidak nyambung? Atau sebaliknya, kamu yang m...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman