Apa Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang? - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 23 December 2018

Apa Perbedaan Tsunami dan Gelombang Pasang?

Kata Tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsu berarti pelabuhan, dan Nami berarti gelombang. Tsunami sering terjadi di Jepang. Sejarah Jepang mencatat setidaknya 196 tsunami telah terjadi (Wikipedia)
ilustrasi Tsunami

Halimahdaily.com - Kata Tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsu berarti pelabuhan, dan Nami berarti gelombang. Tsunami sering terjadi di Jepang. Sejarah Jepang mencatat setidaknya 196 tsunami telah terjadi (Wikipedia)

Sebelumnya, tsunami disamakan dengan gelombang pasang. Namun belakangan persepsi ini telah dibantah, terutama oleh komunitas peneliti. Menurut para peneliti, gelombang pasang tidak ada hubungannya dengan tsunami.

Sedangkan gelombang pasang merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Gaya gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan Matahari kemudian menghasilkan dua tonjolan pasang surut gravitasional di laut.

Meskipun penampakan tsunami menyerupai gelombang pasang yang tinggi, tatapi tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi.

Sejauh ini, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.

Tsunami dan gelombang pasang sama-sama menghasilkan gelombang air yang bergerak ke daratan, namun dalam kejadian tsunami, gerakan gelombang jauh lebih besar dan lebih lama, sehingga memberika kesan seperti gelombang pasang yang sangat tinggi. Efek Tsunami juga lebih dahsyat dibandingkan dengan efek gelombang pasang.

No comments:

Postingan Terbaru

Sekotor Apapun Dirimu, Bersimpuhlah!

Halimahdaily.com - Saya pernah menjadi insan paling kotor di jagat raya. Yang paling sedihnya adalah, saya menghianati orangtua saya sen...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman