Bagaimana Kita Mengelola Kemarahan Agar Menjadi Marah yang Elegant? - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 14 December 2018

Bagaimana Kita Mengelola Kemarahan Agar Menjadi Marah yang Elegant?



Halimahdaily.com - Saat kita sedang marah, tanpa berkata-kata pun, akan terlihat dari body langage kita. Sebab, automatic neuro system tubuh kita menunjukkan ekspresi dari emosi marah. Sebagaimana halnya ketika kita bahagia, bersedih, takut, cemas dan lain-lain, tubuh kita selalu menunjukkan emosi-emosi tersebut dalam bentuk body langage yang berbeda-beda.


Bagaimana kita mengelola kemarahan agar menjadi marah yang elegant? Mari kita simak!


Hal pertama yang harus dilaukan orang ketika marah adalah, sadarkan diri sendiri, bahwa kamu wajar merasa marah. Tidak ada yang salah dengan rasa marah. Lalu beri ruang untuk dirimu berpikir. Istilah lainnya adalah memperpanjang sumbu, supaya tidak meledak dengan cepat.

Kedua, kamu perlu membangun empati. Bukan empati kepada si sumber kemarahan, melainkan empati kepada diri sendiri. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa berpikir jernih bahkan saat sedang marah. Tanyalah diri kita, 

“loe yakin hars marah dengan cara seperti ini?”

Langkah ketiga, change your state. Pindah tempat. Pergi dulu ke toilet, berkaca, cuci muka, dan ngomong sama cermin, atau apalah. Yang penting pindah aja dulu. Jika kamu marah saat sedang berdiri, maka duduklah dulu. Jika kamu melakukannya, pasti kemarahan akan mereda, dan kamu bisa mulai berpikir jernih.

Yang terakhir adalah, jika kamu harus marah, marahlah pada perilakunya bukan pada personalnya. Jangan melabeli anak “nakal” hanya karena dia mengganggu teman-temannya. Katakan pada anak itu bahwa dia sebenarnya anak yang baik, tapi apa yang dia lakukan itu adalah perbuatan yang merugikan orang lain. Jadi, marahlah pada perbuatannya, bukan pada orangnya.

Mungkin tidak mudah menjalankan keempat tips tadi. Namun, apabila sering kita berlatih untuk melakukannya kapanpun dan dimanapun, pasti suatu saat nanti akan menjadi terbiasa. Disaat kita sudah mampu mengelola kemarahan, kita akan bersyukur karena tidak menjadi orang bodoh disaat sedang marah.

Banyak yang baca :


Punya Gebetan Orang Korea? Catet Nih Hari Special Buat Para Couple Di Korea!



Kenapa Kita Tidak Boleh Berteman Dengan Orang Malas?


Cinta Tak Harus Memiliki? Loe Yakin?


Kunjungi juga label lain dari blog ini :

Kumpulan Cerpen

No comments:

Postingan Terbaru

Mari Bercermin Diwaktu Yang Tepat

Halimahdaily.com - Bercermin adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh kita, sebelum bepergian atau saat akan bertemu seseorang. Setiap...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman