8 Rahasia Sukses Berkomunikasi - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, 25 May 2015

8 Rahasia Sukses Berkomunikasi

Sekses dalam berkomunikasi kerap menjadi dambaan bagi semua orang. Saat kita gagal menjalin komunikasi dengan baik, akan ada rasa kesal, marah, malu, dan terkadang merasa seperti orang bodoh. Pernahkah kita mengalamingya?

Disini kita perlu sedikit ilmu komunikasi agar sukses dalam menjalin hubungan komunikasi, berikut dasar-dasar komunikasi verbal disertai bahasa tubuh yang mudah dipelajari:

Dengarkan lawan bicara


Dalam berkomunikasi, pertama kali diajarkan kepada kita adalah mendengarkan lawan bicara. Mereka punya sesuatu yang ingin disampaikan, itulah alasan mengapa mereka mendekat dan mengajak anda berbicara.

Jangan memotong pembicaraan


Siapa pun akan marah jika sedang berbicara kemudian dipotong oleh lawan bicaranya. Kerena hal itu akan membuat lawan bicara kehilangan selera untuk melanjutkan pembicaraannya.

Tatap matanya (eye-Contack)


berlangsungnya komunikasi tidak cukup dengan hanya berbicara dan mendengarkan, kontak mata juga sangat membantu prpses komunikasi ideal. 

Tanpa itu, seseorang akan kehilangan selera untuk berbicara lebih jauh. Jangan sesekali membuang muka saat seseorang sedang berbicara serius.

Condongkan tubuh kedepan (body language)


Body language juga sebagai salah satu alat komunikasi non verbal yang paling banyak pengaruhnya terhadap kelancaran komunikasi. 

Seseorang yang menyandarkan tubuh pada kursi dan kepala mendongak ke atas menunjukkan bahwa ia tak berminat berbicara dengan lawan jenisnya. 

Hindari hal ini dengan tetap menjaga posisi tubuh yang condong ke depan, dengan begitu, anda meyakinkan si lawan bicara bahwa anda ‘mendengarkannya’.


Anggukkan kepala (body language)


Sebuah pembicaraan yang serius atau bercanda sekali pun, akan terasa lebih menyenangkan bila lawan bicara menunjukkan ketertarikan. 

Dengan sedikit anggukan kepala, anda membuatnya merasa dihargai, didengar dan diakui.

Senyum (smile)


Senyum adalah ekpresi perasaan bahagia, setiap kali kita mendengar pujian, pasti kita akan tersenyum. 

Namun ada banyak hal yang bisa membuat kita tersenyum saat sedang menjalin komunikasi dengan lawan bicara. Seperti halnya anggukan kepala, senyum juga terkadang di artikan sebagai penghargaan.

Sentuh (touch)


Selain menatap matanya, kita juga perlu menyentunya. Sentuhan lembut pada lawan bicara terkesan lebih karib, dengan begitu lawan bicara tidak akan lagi menganggap anda sebagai orang asing. 

Dalam suasana formal, sentuhan terjadi saat berjabat tangan. namun untuk suasana tidak formal, sentuhan bisa disesuaikan.

Tangan terbuka (Open Arms)


Lagi-lagi kita bersinggungan dengan bahasa tubuh. Hal ini tampaknya memang lebih dominan dibanding pengaruh verbal. 

Tangan terbuka maksudnya adalah tidak melipat tangan didada. Karena hal itu dapat di terjemahkan sebagai tanda enggan berbicara.

Ilmu komunikasi bukan saja wajib dipelajari oleh mahasiswa komunikasi melainkan wajib bagi kita semua. Karena menjadi pribadi yang supel dan menyenangkan adalah dambaan semua orang@



Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman