9 Fakta Penyebab Kelelahan Kronis - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 12 May 2015

9 Fakta Penyebab Kelelahan Kronis

Mengapa kita merasa mudah lelah setiap saat?

Merasa lelah setelah seharian bekerja, atau setelah latihan adalah sesuatu yang alami. Namun, jika Anda lelah sepanjang waktu, dan rasanya seperti kelelahan yang tidak pernah hilang, bisa jadi anda mengalami kelelahan kronis. Kelelahan membuat tugas terkecil tampak seperti tantangan besar, sehingga Anda benar-benar tidak merasa seperti melakukan apa-apa.
Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa seperti ini, berikut adalah beberapa penyebab umum dari kelelahan kronis. Seperti dilansir dari healthmeup.com



Kekurangan gizi

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, hal itu mungkin penyebab tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik, yang kemudian menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang waktu. Gejala pertama dari kekurangan zat besi misalnya, solusinya adalah konsumsilah suplemen zat besi untuk meningkatkan tingkat energi Anda.

Depresi

Jika Anda mengalami depresi, bisa menyebabkan Anda merasa lelah, tidak antusias dan kehilangan motivasi sepanjang waktu. Banyak orang cenderung mengabaikan masalah seperti depresi dan kecemasan, baik karena mereka malu untuk mengakui mereka untuk mendapatkan bantuan, atau karena mereka tidak menganggapnya serius karena itu bukan masalah fisik.

Gangguan Tidur

Ketika Anda tidur, tubuh melepaskan kelelahannya, baik secara fisik dan mental. Jika Anda mengalami gangguan tidur sehingga waktu tidur anda tidak cukup, adalah wajar bahwa Anda akan merasa lelah sepanjang waktu. Bahkan jam kerja yang padat atau memiliki pergeseran tak menentu bisa menyebabkan Anda mengalami kelelahan kronis.

Makanan Cepat Saji

Makan junk food secara teratur tidak hanya menglalangi Anda dari mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan, hal itu juga mengakibatkan tubuh tidak berfungsi secara optimal. Mengapa demikian? Karena kandungan gizi makanan instan cenderung.

Terlalu Banyak Latihan

Sebagian besar dari kita hampir tidak berolahraga, tapi untuk beberapa orang yang kecanduan untuk berolahraga, melebihi posri yang seharusnya dapat menyebabkan kelelahan. Berolahraga secara teratur, jika disertai dengan diet sehat dan istirahat yang cukup dapat membuat Anda merasa segar 
bugar, tapi terlalu banyak olahraga secara berlebihan dapat memiliki efek sebaliknya.

Merokok

Setiap batang rokok berperan dalam memperburuk kesehatan pada tubuh Anda. Ketika Anda merokok, tar dalam rokok terakumulasi di bagian paru-paru Anda. Tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan jauh lebih sedikit oksigen, dan kekurangan oksigen ini dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang waktu.

Tegangan

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Anda tidak mendapatkan tidur ketika Anda sangat khawatir tentang sesuatu. Hal ini karena hormon stres merusak malapetaka pada sistem Anda, dan mengganggu kemampuan Anda untuk tidur. Jika ini adalah masalah yang sering Anda rasakan, Anda perlu mempertimbangkan kembali gaya hidup Anda dan mulai mengambil langkah-langkah untuk mengelola stres, seperti belajar teknik relaksasi atau berlatih yoga.
  
Sindrom Kelelahan Kronis

Jika Anda telah mengalami perasaan kelelahan selama lebih dari enam bulan, Anda mungkin menderita sindrom kelelahan kronis. Kondisi ini tidak tergantung pada kondisi lainnya, dan perasaan kelelahan bertahan selama berbulan-bulan. Salah satu indikator dari kondisi ini adalah kekebalan tubuh yang minim, karena telah diamati bahwa orang-orang yang menderita sindrom kelelahan kronis memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh.

Penyakit Jantung

Jika Anda memiliki masalah dengan jantung, itu bisa menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang waktu. Jika hati Anda lemah dan tidak memompa cukup darah ke tubuh Anda atau ada penyumbatan dalam sistem peredaran darah Anda, tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman