7 Macam Body Language Yang Harus Kamu Ketahui - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 1 November 2017

7 Macam Body Language Yang Harus Kamu Ketahui

Dalam berkomunikasi, kita tentunya tidak hanya mengandalkan pesan verbal saja, namun juga ada pesan-pesan nonverbal yang ikut mengiringi proses komunikasi itu, baik kita sadari maupun tidak kita sadari.

Body language alias perilaku non verbal adalah proses komunikasi yang menyampaikan pesan tidak dengan menggunakan kata-kata. Berikut adalah 7 macam body language dan fungsinya:


Ekspresi wajah


Ekspresi wajah biasanya mewakili emosi seseorang. Entah itu marah, senang, sedih, malu dan sebagainya. Ekspresi wajah ini juga menentukan reaksi orang terhadapnya.

Misalnya, seseorang yang ekspresi wajahnya terlihat sangat marah, biasanya orang langsung menjauhinya atau berhati-hati terhadapnya. Takut-takut kalau orang itu melampiaskan kemarahan kepadanya.

Gestur


Gestur adalah isyarat yang menggantikan ucapan. Biasanya gestur ini lebih jujur dari pada kata-kata yang diucapkan. Bisa saja seseorang mengatakan bahwa dia baik-baik saja, sementara gestur tubuhnya memperlihatkan bahwa dia tidak nyaman.

Sebaliknya, gestur bisa saja di manipulasi. Dibawah kontrol kesadaran penuh, orang yang suka berakting bisa saja memanipulasi gesturnya untuk suatu tujuan tertentu.

Misalnya, seorang gadis berpura-pura malu dan menunduk saja selama berbicara didepan calon mertuanya, supaya dianggap sopan oleh calon mertua. Padahal aslinya tidak pemalu seperti itu. (Opss, ada yang senyum-senyum) :D

Kontak mata


Hati-hati dengan kontak mata, biasanya seseorang bisa membaca apa yang ada dihati kita lewat tatapan mata. 

Pernahkah kamu mendapatkan pandangan menelisik dari ibu kamu, ketika kamu mengutarakan alasan saat kamu terlambat pulang malam? Mata orang yang berbohong biasanya tidak berani menatap langsung atau menghindari kontak mata. So, kalau bohong pasti ketahuan!

Sentuhan


Sentuhan juga bisa mewakili kata-kata. Jika ingin tahu pesan apa dibalik sebuah sentuhan. Rasakan saja sekasar apa atau selembut apa sentuhan itu. jika sentuhannya di pipi, dengan telapak tangan yang agak keras dan cepat. Itu tandanya kamu sedang ditampar. Dan itu artinya kamu sedang dimarahi. (Ouh, sakitnya!) :D

Nada suara


Nada suara juga bagian dari body language. Nada menentukan makna ucapan. Kata-kata yang sama bila di ucapkan dengan nada berbeda, pasti lain artinya.

Contoh : kata terimakasih. Kita tahu bahwa kata itu maknanya baik. Namun jika yang mengucapkannya adalah orang yang sedang marah, sebagai bentuk kemarahannya dia mengucapkan kata “MAKASIH!!!!” dengan intonasi yang meninggi plus seribu tanda seru dibelakangnya. Pasti kamu bakalan refleks tutup kuping biar gak terngiang-ngiang.

Lain lagi jika ucapan itu dikatakan oleh seseorang dengan intonasi lembut penuh kasih, wah, pasti mendengarnya membuat hatimu adem.

Gaya bicara


Gaya bicara mengundang keakraban atau sebaliknya. Mengapa demikian? Ya, kita tahu kalau gaya bicara yang sopan, lembut, hangat, dan ramah membuat kita merasa nyaman. Pasti kita sangat senang bertemu orang yang seperti itu.

Sebaliknya, gaya bicara yang angkuh, egois, sok pintar, sok kaya, dan sok-sok lainnya. Itu jelas membuat semua orang merasa jengah. Tau jengah gak? Itu loh. Perasaan pengen melempar orang dihadapan kita ke samudra antartika atau ke segitiga bermuda. Alias pengen orang itu lenyap dari hadapan kita. Nah, udah ngerti kan?


Terakhir, Jarak


Jarak berperan untuk menandai adanya pesan yang sangat khusus atau ada rahasia yang harus dijaga. Artinya, jika ada seorang teman yang mengajak kamu berbicara hanya berdua saja, ditempat yang jauh dari orang-orang. Mungkin dia punya sesuatu pembicaraan yang sangat rahasia. Bisa jadi dia mau minjam duit. Hehe.


No comments:

Postingan Terbaru

Geram Menghadapi Orang Sinis, [Cewek Yang Suka Nonton Korea Gak Layak Dinikahi?]

Ilustrasi drama Korea Halimahdaily.com - Beberapa waktu belakangan ini saya mendengar persepsi negatif tentang cewek-cewek yang suka n...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman