Lakukan 4 Hal Ini Agar Kemampuan Menulismu Lebih Baik Dari Hari Ke Hari! - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 12 July 2018

Lakukan 4 Hal Ini Agar Kemampuan Menulismu Lebih Baik Dari Hari Ke Hari!



   Penulis selalu menginginkan karyanya semakin hari semakin baik. Bahkan mereka yang sudah sangat senior sekalipun, mereka menginginkan kualitas tulisannya lebih baik lagi.     Bagaimana caranya supaya tulisan kita menjadi semakin baik? Berikut adalah cara supaya kemampuan menulismu meningkat


Penulis selalu menginginkan karyanya semakin hari semakin baik. Bahkan mereka yang sudah sangat senior sekalipun, mereka menginginkan kualitas tulisannya lebih baik lagi.

Bagaimana caranya supaya tulisan kita menjadi semakin baik? Berikut adalah cara supaya kemampuan menulismu meningkat :

Pertama, menulislah setiap hari


Meski kamu tak punya ide. Menulislah. Meski kamu tahu tulisanmu akan buruk sekali, tetap menulislah! Ini adalah yang sudah aku terapkan pada diri sendiri. Aku telah ‘mewajibkan’ diriku menulis setiap hari. Minimal satu hari satu tulisan sebanyak 300 kata.

Kenapa harus menulis setiap hari? Karena, kita perlu melatih otak untuk berpikir. Semakin sering kita menulis, otak kita akan semakin terbiasa ‘diajak kompromi’. Sehingga, ide-ide baru akan terus bermunculan.

Kedua, bacalah apa saja yang bisa dibaca!


Seorang penulis harus mendapatkan suplay nutrisi yang banyak bagi otaknya. Bacalah apapun, karena setiap hal adalah penting.

Tidak ada yang tidak penting bagi penulis. Buku anak-anak sekalipun bisa memberikan ide tulisan. 

Karena membaca adalah input. Sedangkan menulis adalah outputnya. Apa yang akan dijadikan output jika tidak ada input?

Ketiga, posting tulisanmu, lalu bagikan kemana saja!


Salah satu kebahagiaan seorang penulis adalah ketika tulisannya dibaca orang lain. Semakin banyak yang membaca, kamu akan semakin senang. Apalagi mendapatkan tanggapan positif, pasti akan lebih semangat lagi membuat tulisan tulisan yang lebih baik.

Bonus lainnya, kamu akan mengetahui seberapa banyak orang yang tertarik untuk membaca tulisanmu. Lalu kamu bisa melihat dimana tempat yang strategis untuk memasarkan tulisanmu. 

Kalau aku sendiri, setelah tulisan diposting diblog, aku akan membagikan di semua sosmed yang aku punya. kemudian membagikannya di group-group yang aku ikuti. 

Diantara semuanya, aku lebih menyukai Group di Google +. Disana lebih banyak orang yang perduli dengan tulisan-tulisan yang dibagikan ketimbang sosmed lainnya.

Terakhir, baca kembali tulisanmu, lalu editlah berulang-ulang!


Setelah merasa tulisanmu sempurna, lalu kamu mempostingnya di blog, di catatan Facebook, atau dimanapun. Jangan lupa untuk mengkoreksi kembali. Karena kesalahan penulisan bisa saja terjadi.

Biasanya aku mengedit tulisanku hampir lebih dari tiga kali. Bahkan setelah diposting, sering ada beberapa kata yang dirasa kurang tepat, atau ada tanda baca yang salah, dan sebagainya.

Penulis yang baik adalah mereka yang perduli pada kepuasan batin pembaca. Maka, jangan menyulitkan pembaca dengan tulisan-tulisan yang rumit. Berikanlah mereka bacaan yang menyenangkan.


No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman