Apa Manfaat Dari Konflik? - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 19 October 2018

Apa Manfaat Dari Konflik?

Halimahdaily.com - Konflik tidak melulu berdampak negatif. Konflik juga ternyata punya manfaat. Apa manfaat konflik? Yuk, kita langsuk aja simak apa kata para expert!

Marwansyah (2010 : 308 – 309) mengurutkan daftar manfaat konflik sebagai berikut :

1. Munculnya masalah – masalah yang tersembunyi ke permukaan, sehingga ada kemungkinan untuk diselesaikan.

2. Mendorong orang untuk mencari pendekatan yang lebih tepat agar memperoleh hasil yang lebih baik. Situasi konflik mendorong orang – orang menjadi lebih kreatif dan memunculkan gagasan – gagasan baru dan segar.

3. Meningkatkan kesadaran diri dan kesadaran terhadap orang lain dan masalah-masalah yang mereka hadapi. Konflik dapat mengarah pada pertukaran informasi secara jujur dan terbuka, yang dapat menciptakan dasar yang lebih baik untuk berkomunikasi di masa mendatang.

4. Menyempurnakan proses pengambilan keputusan. Dalam sebuah organisasi, sering lahir keputusan yang buruk karena orang – orang terlalu cepat setuju pada sebuah pemecahan masalah. Dengan adanya konflik, masalah dapat ditelaah secara lebih seksama dari berbagai sudut pndang, sehingga cenderung menghasilan keputusan yang lebih baik.

5. Menyebabkan perubahan – perubahan. Konflik bisa terjadi karena perbedaan cara pandang. Bila cara pandang baru ini dinilai lebih baik, maka akan muncul dorongan untuk melakukan perubahan ke arah solusi atau alternatif yang lebih baik.

6. Mengurangi kebosanan. Melakukan sesuatu dengan cara yang sama untuk masa yang panjang, bisa menimbulkan kejenuhan.

Ketika cara lama ini “ditantang” oleh pandangan atau pendekatan baru dan beragam kebosanan bisa dikurangi. Kekayaan perspektif dari banyak orang juga dapat membawa kita keluar dari rutinitas yang membelenggu ke suasana yang lebih menyegarkan.

Menangani konflik yang terjadi dalam kelompok


Ada banyak gaya mengatasi konflik dari berbagai sumber yang penulis baca. Namun, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa strategi mengatasi konflik ada 4 cara, yaitu :

1. Menilai situasi

Segala sesuatu harus dinilai dahulu untuk dapat diberikan perlakuan yang sesuai. Begitu juga dengan konflik. Berikan penilaian terhadap konfik, apakah termasuk kedalam konflik ringan, sedang, atau berat?

2. Jelaskan persoalan

Setelah tahu titik persoalan, maka saatnya untuk menjelaskan persoalannya. Kedua belah pihak yang bersiteru harus saling tahu titik persoalan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Evaluasi : alternatif pendekatan

Apabila ada salah satu pihak yang keberatan atas persoalan yang telah dijelaskan, inilah saatnya untuk mengevaluasi. Agar tampak jelas jalan menuju perdamaian diantara kedua belah pihak.

4. Pecahkan masalah

Langkah terahir adalah memecahkan masalah. Setelah semua langkah diatas diselesaikan satu persatu, maka kita telah berada pada tahap akhir penyelesaian.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Hambatan Dalam Berkomunikasi

Halimahdaily.com - Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghambat atau penghalang dalam proses berkomunikasi. Penghambat tersebut dikena...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman