Gelombang Apakah Yang Terjadi Di Pantai Pantai Anyer, Tsunami ataukah hanya gelombang Pasang? - Halimah Daily

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 23 December 2018

Gelombang Apakah Yang Terjadi Di Pantai Pantai Anyer, Tsunami ataukah hanya gelombang Pasang?

Menurut terminology, Kata Tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsu berarti pelabuhan, dan Nami berarti gelombang. Tsunami sering terjadi di Jepang. Sejarah Jepang mencatat setidaknya 196 tsunami telah terjadi.
Ilistrasi tsunami


Halimahdaily.com - Menurut terminology, Kata Tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsu berarti pelabuhan, dan Nami berarti gelombang. Tsunami sering terjadi di Jepang. Sejarah Jepang mencatat setidaknya 196 tsunami telah terjadi.


Sedangkan gelombang pasang merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari.

Salah satu jenis dari gelombang pasang yaitu pasang laut purnama (spring tide). Hal ini terjadi ketika bumi, bulan dan Matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu, akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama seperti yang terjadi di Anyer pada sabtu malam (22/12/2018).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi  dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang terjadi malam itu adalah gelombang air laut pasang, bukan Tsunami.

“Yang terjadi di Anyer dan sekitarnya bukan tsunami, melainkan gelombang air laut pasang. Terlebih malam ini ada fenomena bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang tinggi. Tetap tenang,” kata BMKG dalam akun Twitter resminya.

Kemudian Sutopo meminta maaf atas kesalahan tersebut, mengatakan bahwa ada kebingungan karena tidak ada gempa bumi.

No comments:

Postingan Terbaru

Mari Bercermin Diwaktu Yang Tepat

Halimahdaily.com - Bercermin adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh kita, sebelum bepergian atau saat akan bertemu seseorang. Setiap...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman